Rabu, 26 Desember 2012

UTS GASAL KUALIFIKASI S1 GURU MI



KEMENTERIAN AGAMA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO

FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM PENINGKATAN KUALIFIKASI  S.1 GURU MI 
Alamat: Jl. Raya Ngaliyan Km 2 Semarang 50185 Telp. 024-7601295 Fax. 024-7601293

TES TENGAH SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2012/2013

Mata Kuliah    : Pembelajaran  Aqidah Akhlak           Hari/Tanggal    :     Desember 21012
Bobot/Klp       : 2 Sks/PGMI (kualifikasi)                  W a k t u          :  
Dosen              : Ahmad Muthohar                             Ruang              :
                                               

Bismillahirrahmanirrahim

 

Perhatian!

1.      Jawaban ditulis tangan dengan kertas folio!
2.      Jawaban logic-argumentative
3.      Seluruh item  berskor 100

 

Soal-soal


1.      Buatlah laporan kesulitan dalam menjelaskan materi (isi) pembelajaran Aqidah Akhlak yang saudara hadapi dan pemecahannya ketika mengajar!
2.      Dalam menjelaskan materi-materi berkarakter afektif seperti mengimani malaikat dan lain-lain, metode apa yang Saudara terapkan selama ini?
3.      Salah satu aspek terpenting dalam Islam adalah aqidah. Aqidah seseorang dapat dikatakan kuat apabila perbuatannya itu baik, sehingga pendidikan aqidah akhlak adalah mutlak untuk diajarkan kepada anak didik.
a.       Coba Anda jelaskan tentang pengertian dan fungsi pendidikan Aqidah Akhlak?       (Score = 15)
b.      Jelaskan perbedaan akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah! (score = 10)
4.      Salah satu materi yang dibahas dalam mata pelajaran aqidah akhlak adalah mengenalkan Allah melalui asma’ul Husna. 
a.       Coba Anda bedakan antara al-Dzahir dan al-Bathin, al-Shabur dan al-Halim dan al-Ghafur dan al-‘Afw!  
b.      Dalam Islam Tuhan disebut dengan nama Allah, uraikan asal-usul kata Allah yang berasal dari kalimah isim?
c.    Dalam proses pembelajaran aqidah akhlak metode dan pendekatan yang digunakan guru adalah pendekatan mauidhah hasanah dan uswatun hasanah. Dalam kasus-kasus apa ketika Saudara menggunakan kedua pendekatan di atas? Cocokkah kedua pendekatan tersebut dalam menangani kenakalan anak? Kenapa?
5.      Dalam menerapkan metode pembelajaran ada 8 hal yang harus dipertimbangkan, di antaranya adalah guru. Sebagai guru tentu mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sampaikan kelebihan dan kekurangan Saudara ketika dalam proses pembelajaran di kelas dan bagaimana cara mengatasinya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar